Caster Semenya terdaftar untuk lari 5.000m Putri di Kejuaraan Atletik Dunia di Eugene

Caster Semenya tidak bertanding di Kejuaraan Dunia atau Olimpiade sejak 2017; 31 tahun dilarang dari 800m favoritnya karena kondisi interseks yang menyebabkan testosteron alami tinggi; Daftar Semanya mengejutkan karena dia tidak disebutkan dalam tim Afrika Selatan awal pekan ini.

Caster Semenya terdaftar untuk lari 5.000m putri di Kejuaraan Atletik Dunia di Eugene, Oregon.

Caster Semenya terdaftar untuk bersaing di nomor 5.000 meter putri pada Kejuaraan Dunia Atletik minggu depan di Eugene.

Orang Afrika Selatan telah beralih ke jarak ini setelah dilarang dari 800 meter favoritnya oleh aturan yang mempengaruhi wanita dengan kondisi yang menyebabkan testosteron tinggi secara alami.

Semenya memenangkan 800m di Olimpiade 2012 dan 2016 dan Kejuaraan Dunia 2009, 2011 dan 2017, dengan edisi 2017 penampilan terakhirnya di level itu.

Petenis berusia 31 tahun itu dilarang berlari dalam perlombaan dari 400m hingga satu mil sejak 2019 karena kondisi interseksnya 46, perbedaan XY dalam perkembangan jenis kelamin.

Peraturan mengharuskan perempuan menjalani intervensi medis untuk menurunkan kadar hormon alami mereka hingga di bawah ambang batas tertentu jika mereka ingin ikut lomba tersebut.

Semanya tidak berkompetisi di Kejuaraan Dunia atau Olimpiade sejak 2017 dan dilarang dari acara favoritnya, lari 800m

Semenya dan pelari lain yang termasuk dalam aturan DSD telah menolak untuk melakukannya dan telah dipaksa untuk bersaing di acara lain yang tidak diatur selama tiga tahun terakhir.

Masuknya Semenya di Oregon tidak terduga karena dia tidak membuat waktu kualifikasi untuk 5.000m dan tidak disebutkan dalam tim Afrika Selatan awal pekan ini.

NBC melaporkan bahwa Semenya dipindahkan ke daftar setelah beberapa pelari berperingkat lebih tinggi memilih keluar dari 5.000m.

Federasi trek Afrika Selatan dan perwakilan Semenya tidak segera menanggapi permintaan klarifikasi.

Kemunculan kembali Semenya akan terjadi saat otoritas atletik sedang mempertimbangkan lebih banyak perubahan pada peraturan DSD mereka yang mungkin sepenuhnya mengecualikan atlet wanita dengan 46, XY DSD dan testosteron alami tinggi dari acara wanita di pertemuan besar.

Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe mengatakan organisasi itu akan membahas transgender dan perbedaan dalam peraturan pengembangan seks

Presiden Atletik Dunia Lord Sebastian Coe mengatakan organisasi itu akan membahas peraturan transgender dan DSD pada akhir tahun, sebuah langkah yang mungkin dipicu oleh larangan renang bagi wanita transgender dari acara wanita bulan lalu.

Masalah transgender dan DSD berbeda tetapi sering kali bersinggungan karena keduanya berhubungan dengan pertanyaan apakah wanita dengan testosteron alami tinggi yang lebih tinggi dari kisaran wanita biasanya diizinkan untuk bersaing dalam olahraga wanita.

Semenya bukan transgender. Dia ditugaskan sebagai perempuan saat lahir, dibesarkan sebagai seorang gadis, mengidentifikasi sebagai seorang wanita dan tidak pernah secara terbuka mengidentifikasi dirinya sebagai interseks.

Namun, dia pada dasarnya mengakui memiliki kondisi tersebut dengan mengajukan banding atas aturan DSD di Pengadilan Arbitrase Olahraga pada tahun 2018.

Dia kalah dalam kasus itu dan banding kedua dan sedang mengejar tantangan ketiga melawan aturan di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.